Langsung ke konten utama

Pemgrograman Web Dasar - 1

 

Fase 1: Persiapan Meja Kerja

Kita buat satu file saja agar Anda tidak bingung berpindah-pindah tab.

  1. Buat folder baru di komputer Anda, beri nama Latihan_Counter.

  2. Di dalam folder itu, buat file bernama index.html.

  3. Ketik struktur dasar HTML ini (ini adalah kertas kosong kita):

HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Counter Saya</title>
</head>
<body>

    </body>
</html>

Tentu, saya mengerti. Agar materi ini benar-benar bisa dicerna dan dipraktikkan tanpa kebingungan, kita akan menggunakan metode "Bedah Anatomi".

Kita akan memecah proses pembuatan The Counter ini menjadi 5 Fase Kerja. Jangan lompat ke fase berikutnya sebelum fase sebelumnya berhasil.

Bayangkan kita sedang merakit sebuah Robot Penghitung:

  1. Fase 1 (Persiapan): Menyiapkan meja kerja.

  2. Fase 2 (HTML): Merakit kerangka badan robot.

  3. Fase 3 (CSS): Memberi cat dan baju agar robot terlihat bagus.

  4. Fase 4 (JavaScript Dasar): Memasang kabel agar robot bisa bergerak (Tambah/Kurang).

  5. Fase 5 (JavaScript Logika): Memberi kecerdasan buatan (Mengubah warna otomatis).

Silakan buka teks editor Anda (Visual Studio Code, Notepad++, atau Sublime Text) dan ikuti panduan ini.


Fase 1: Persiapan Meja Kerja

Kita buat satu file saja agar Anda tidak bingung berpindah-pindah tab.

  1. Buat folder baru di komputer Anda, beri nama Latihan_Counter.

  2. Di dalam folder itu, buat file bernama index.html.

  3. Ketik struktur dasar HTML ini (ini adalah kertas kosong kita):

HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Counter Saya</title>
</head>
<body>

    </body>
</html>

Fase 2: HTML (Merakit Kerangka)

Di sini kita menaruh benda-benda yang diperlukan. Jangan pedulikan tampilannya yang masih jelek (di pojok kiri atas).

Tugas Anda: Masukkan kode berikut di antara tag <body> dan </body>.

HTML
    <div class="kotak-aplikasi">
        <h2>Penghitung</h2>
        
        <h1 id="angka">0</h1>
        
        <button onclick="kurang()">Kurang (-)</button>
        <button onclick="reset()">Reset</button>
        <button onclick="tambah()">Tambah (+)</button>
    </div>



Fase 3: CSS (Memberi Gaya)

Sekarang kita rapikan. Kita akan menulis CSS di dalam file yang sama, di bagian <head>.

Tugas Anda: Masukkan kode <style> ini di antara <head> dan </head>.

HTML
<style>
    /* 1. Merapikan Body (Latar Belakang) */
    body {
        font-family: sans-serif; /* Ganti font biar rapi */
        background-color: #f0f0f0; /* Warna abu-abu muda */
        text-align: center; /* Agar semua isi ada di tengah */
        padding-top: 50px; /* Memberi jarak dari atas */
    }

    /* 2. Merapikan Angka */
    h1 {
        font-size: 80px; /* Membesarkan ukuran angka */
        margin: 10px 0;  /* Memberi jarak atas bawah */
    }

    /* 3. Merapikan Tombol */
    button {
        padding: 10px 20px; /* Membuat tombol lebih gemuk */
        font-size: 16px;    /* Tulisan tombol lebih besar */
        margin: 5px;        /* Jarak antar tombol */
        cursor: pointer;    /* Ubah kursor jadi telunjuk */
    }
</style>

Fase 4: JavaScript Dasar (Menghidupkan Robot)

Ini intinya. Kita akan membuat tombol berfungsi. Letakkan kode ini di bagian paling bawah, sebelum penutup </body>.

Konsep:

  1. Kita butuh wadah ingatan (let count) untuk menyimpan angka.

  2. Kita butuh "tangan" untuk mengambil elemen HTML (document.getElementById).

  3. Kita butuh fungsi (function) untuk mengubah angka tersebut.

Tugas Anda: Ketik kode ini (jangan copy paste agar jari terbiasa):

HTML
<script>
    // 1. Siapkan Ingatan (Variabel)
    let hitungan = 0;

    // 2. Ambil elemen H1 dari HTML dan simpan ke variabel JS
    let elemenAngka = document.getElementById("angka");

    // 3. Fungsi Tambah
    function tambah() {
        hitungan = hitungan + 1;        // Logika matematika: angka sekarang + 1
        elemenAngka.innerText = hitungan; // Tampilkan hasil ke layar
    }

    // 4. Fungsi Kurang
    function kurang() {
        hitungan = hitungan - 1;
        elemenAngka.innerText = hitungan;
    }

    // 5. Fungsi Reset
    function reset() {
        hitungan = 0;
        elemenAngka.innerText = hitungan;
    }
</script>


Fase 5: Tantangan Logika (Kecerdasan Tambahan)

Instruktur Anda meminta fitur tambahan: "Warna hijau jika positif, merah jika negatif."

Di sini kita belajar logika IF - ELSE (Jika - Maka). Kita akan memodifikasi script di Fase 4 sedikit.

Tugas Anda: Tambahkan fungsi baru bernama cekWarna() dan panggil fungsi itu setiap kali tombol ditekan. Ubah bagian <script> Anda menjadi seperti ini:

JavaScript
<script>
    let hitungan = 0;
    let elemenAngka = document.getElementById("angka");

    // --- FUNGSI BARU: LOGIKA WARNA ---
    function cekWarna() {
        if (hitungan > 0) {
            // Jika angka lebih dari 0, ubah CSS warna jadi hijau
            elemenAngka.style.color = "green"; 
        } else if (hitungan < 0) {
            // Jika angka kurang dari 0, ubah CSS warna jadi merah
            elemenAngka.style.color = "red";
        } else {
            // Jika 0, kembali ke hitam
            elemenAngka.style.color = "black";
        }
    }
    // ----------------------------------

    function tambah() {
        hitungan = hitungan + 1;
        elemenAngka.innerText = hitungan;
        cekWarna(); // Panggil fungsi pengecekan warna
    }

    function kurang() {
        hitungan = hitungan - 1;
        elemenAngka.innerText = hitungan;
        cekWarna(); // Panggil fungsi pengecekan warna
    }

    function reset() {
        hitungan = 0;
        elemenAngka.innerText = hitungan;
        cekWarna(); // Panggil fungsi pengecekan warna
    }
</script>




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PKWU - Membuat Proposal Kewirausahaan

Klik ini Drive Proposal Usaha

ASJ - Perintah Dasar Debian 12

Tugas Praktikum: Perintah Dasar Linux - Manajemen File dan Direktori Petunjuk Pengerjaan: Login ke linux/debian dengan format superuser / root. Baca setiap soal dengan teliti dan jalankan perintah secara berurutan. Perhatikan direktori aktif Anda saat menjalankan setiap perintah. Gantilah X dengan nomor kelompok Anda dan NamaSiswa dengan nama lengkap Anda. Langkah-Langkah Pengerjaan: Membuat Direktori Kerja Utama Masuk ke direktori home Anda. Buat sebuah direktori baru dengan nama kelompokX_NamaSiswa . Masuk ke dalam direktori kelompokX_NamaSiswa tersebut. Direktori ini akan menjadi lokasi utama untuk semua langkah berikutnya. Membuat Struktur Direktori Awal Di dalam kelompokX_NamaSiswa , buat tiga direktori bernama: video , gambar , dan data . Di dalam direktori video , buat lagi dua direktori: sesi1 dan sesi2 . Di dalam direktori gambar , buat direktori kantor dan rekreasi . Di dalam direktori data , buat direktori dibaca dan belum_dibaca . Membuat File Kosong (Batch) Pastikan...

ASJ - Konfigurasi Jaringan pada Debian 12

Tugas Praktikum: Konfigurasi Jaringan Server Debian 12 dengan Dua Adapter Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi dua adapter jaringan (Bridged dan Host-Only) pada VirtualBox. Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi dua IP Address statis pada interface jaringan di Debian 12. Mahasiswa mampu melakukan pengujian konektivitas dari Host ke Guest dan dari Guest ke Internet. Skenario: Anda adalah seorang administrator sistem yang ditugaskan untuk membangun sebuah server Debian 12. Server ini harus terhubung ke dua jaringan sekaligus: Jaringan Internet: Untuk mengunduh paket dan pembaruan. Jaringan Lokal Virtual: Untuk dapat diakses secara langsung dari komputer Host (misalnya Windows) untuk keperluan remote management (seperti SSH) tanpa bergantung pada jaringan fisik utama. Alat dan Bahan: PC/Laptop dengan sistem operasi Windows. Aplikasi Oracle VM VirtualBox yang sudah terinstall. File ISO Debian 12. Aplikasi SSH Client (PuTTY) di Windows. Bagian 1: Konfigurasi Mesin Vi...